Apa Itu SEO Specialist? Mengenal Profesi, Tugas, Gaji, Serta Kualifikasi SEO Specialist Yang Perlu Anda Ketahui
SEO Specialist adalah sebuah julukan sekaligus profesi untuk orang yang ahli dalam bidang SEO.
Sebutan SEO Specialist dapat kita ambil dari dua kata, yaitu kata SEO yang berarti Search Engine Optimization, dan kata Specialist yang merujuk pada kata khusus atau ahli.
Menurut Brainstation, SEO Specialist atau Pakar SEO adalah orang yang menguji, menganalisis, dan mengubah situs web sehingga bisa dioptimalkan untuk mesin telusur serta situs web guna mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil penelusuran pada mesin telusur utama seperti Google dan Bing.
Jadi secara sederhana, SEO Specialist merupakan seseorang yang memiliki kemampuan khusus dalam optimasi mesin telusur serta meningkatkan peringkat di mata mesin pencari guna membantu klien mendapatkan hal yang dibutuhkan.
Sebab mereka melakukan optimasi agar suatu website maupun artikel bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas.
Maka dapat kita pastikan bahwasanya pekerjaan SEO Specialist adalah melakukan optimasi pada website klien agar website tersebut lebih mudah muncul di halaman pencarian atau mesin telusur seperti Google, Yahoo, MSN, Bing, dll.
Hal itu dilakukan dengan tujuan tertentu tergantung pemilik website itu sendiri. Namun umumnya dilakukan untuk menkonversikan pengunjung website menjadi pembeli jasa atau barang yang ditawarkan.
Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang SEO Specialist secara mendalam dengan pembahasan sebagai berikut:
- Mengenal Profesi SEO Specialist
- Tugas-tugas SEO Specialist
- Kualifikasi SEO Specialist
- Jenjang Karir SEO Specialist
- Cara Menjadi SEO Specialist
- Gaji SEO Specialist
- Kesimpulan
Jadi jika anda ingin menjadi seorang SEO specialist, memahami, ataupun ingin menyewa seorang SEO Specialist yang tepat untuk website anda, pastikan membacanya sampai akhir yaa
Apa Itu SEO Specialist? Mengenal Profesi SEO Specialist Pada Abad 21
![]() |
Image by 200Degrees, Pixabay. Edited by Noobloggers |
Pada masa dimana orang hidup menggunakan internet dan lebih sering bercengkrama melalui media sosial, banyak orang menjadikan hal ini kesempatan untuk mendapatkan tujuan tertentu. Misal ingin mendapatkan pengaruh, uang, maupun membuka lahan bisnis.
Namun hal itu tentu tidak akan bisa tercapai dengan sempurna sebab setiap mesin telusur maupun sosial media memiliki algoritma mereka masing-masing.
Misal Instagram, TikTok, Youtube, dan bahkan Google menggunakan Artificial Intelegent guna memudahkan pengunjung mendapatkan hal yang mereka butuhkan, sebab semakin mereka terbantu dengan situs mereka, maka mereka juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih.
Pada abad ini dapat kita lihat secara pasti banyak infcluencer maupun toko online berjejeran, lahirnya Shopee, Lazada, maupun TikTok Shop bisa menjadi ajang untuk membuat audiens menjadi pembeli mereka.
Bahkan bagi influencer Instagram, baik untuk memperbanyak jumlah follower atau memperkuat brand mereka. Mereka terkadang membutuhkan seorang Specialist Instagram untuk mendapatkan hal tersebut.
Sebab bagaimanapun, setiap media sosial dan mesin telusur memiliki indikator tertentu untuk menjadikan suatu konten layak untuk pengunjung, maka untuk bersanding dengan algoritma tersebut, pekerjaan SEO Specialist terlahir.
Tujuannya sederhana, untuk membuat klien mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Misalnya seorang klien memiliki toko elektronik dan ingin menggunakan Google untuk mendapatkan pembeli, maka untuk memaksimalkan tokonya dibutuhkan seorang yang ahli dalam SEO Google.
Atau jika memang ada klien yang ingin memperbanyak jumlah follower mereka di Instagram maupun TikTok, maka mereka juga bisa menyewa orang yang ahli dalam algoritma Instagram atau TikTok.
Dan itulah mengapa, pekerjaan SEO Specialist sampai saat ini masih dibutuhkan.
Sulit? Berikut Tugas-tugas SEO Specialist
Setidaknya ada beberapa tugas SEO Specialist, diantaranya adalah:
- Melakukan optimasi website guna baik di mata mesin pencari.
- Menghapus javascript atau kode-kode tidak diperlukan dan berbahaya yang dapat merugikan website.
- Melakukan analisa terhadap website mengenai apakah SEO yang diterapkan telah baik, bermanfaat, efektif dan relevan untuk search engine dan pelanggan.
- Menganalisa website mengenai kode, artikel, maupun link yang melanggar aturan SEO maupun Google yang cenderung bisa mengakibatkan website maupun artikel terkena penalty Google.
- Melakukan pengembangan strategi optimasi yang baik untuk meningkatkan peringkat website pada search engine dengan keyword yang ditentukan.
- Melakukan keyword research yang bisa digunakan pada halaman website dan bisa bersaing dengan website sejenis.
- Melakukan identifikasi aktivitas pengembangan website serta traffic organik kompetitor agar website klien bisa tetap bersaing dalam mesin pencari.
- Menentukan, mengembangkan dan memaksimalkan strategi pemasaran konten.
- Menganalisa serta kemudian merekomendasikan perubahan yang harus dilakukan pada arsitektur situs web, konten, link, juga komponen website lainnya guna meningkatkan posisi website di search engine.
- Melakukan analisa kinerja pencarian organik serta melakukan identifikasi peluang untuk pengembangan SEO yang bisa dilakukan.
- Melakukan monitoring metrik kinerja harian sekaligus memantau kinerja dari strategi SEO yang diterapkan dan dijalankan.
- Mengembangkan, menerapkan, dan memaksimalkan strategi link building yang digunakan.
- Melakukan kolaborasi dengan tim web developer, agensi, atau tim lain guna memastikan agar praktik SEO dapat diterapkan dengan benar pada seluruh situs web.
- Memantau perubahan algoritma search engine agar mampu mengikuti perubahan yang terjadi di dalam lanskap SEO, termasuk aturan-aturan SEO.
Apa Yang Masuk Dalam Kualifikasi SEO Specialist?
Untuk masuk dalam kualifikasi SEO Specialist, setidaknya hal-hal berikut harus terpenuhi, diantaranya:
- Memahami SEO dan aturan-aturan mesin telusur dengan baik
- Memiliki pengalaman dalam mendirikan serta menjalankan strategi SEO dengan baik dan benar. Termasuk dalam On-page, Off-page, serta technical SEO.
- Memahami sistem building link yang benar dan effektif guna membuat website berkualitas di search engine dan pengunjung.
- Memiliki kemampuan khusus serta pengalaman dalam memahami pembuatan laporan SEO beserta infografik bila dibutuhkan.
- Memiliki pengalaman dan pengetahuan mendalam serta khusus dalam bidang algoritma mesin pencari, faktor peringkat, serta berbagai praktik SEO terbaik untuk situs website.
- Memahami kode-kode yang ada dalam website, baik itu javascript, HTML dan CSS.
- Mampu menguasai SEO tools yang ada seperti Google Analytics, Google Search Console, Ubbersugest, SEMrush, Ahrefs dan lainnya guna bersaing dengan jutaan website lainnya.
- Memiliki keahlian teknis dan khusus dalam bidang HTML/CSS
- Mampu melakukan analisa kompetitif terhadap kompetitor lain atau pesaing bisnis yang ada sehingga website klien lebih untung.
- Terbiasa dan berpengalaman dalam menggunakan Content Management System (CMS) seperti pada WordPress atau yang lain seperti pada Wix dan Blogger.
- Selalu paham akan informasi SEO, termasuk selalu update dengan tren dan praktik SEO terbaru agar tetap bisa mematuhi search engine guidelines dan tidak terkena penalty Google.
Jenjang Karir SEO Specialist
Orang yang terjun menjadi seorang SEO Specialist umumnya berasal dari jurusan IT, Marketing, dan bisnis. Walau banyak juga yang belajar secara otodidak.
Memang banyak yang mengatakan bahwa SEO Specialist haruslah berasal dari jurusan programer atau coding, akan tetapi sebenarnya tidak demikian.
Kendati memiliki pemahaman dan pengalaman dalam bidang tersebut akan sangat membantu dan menjadi privilege, namun itu bukan hal yang utama.
Sebab bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwasanya banyak juga yang jurusan coding tidak menekuni apa yang telah mereka pelajari dan beralih profesi ke dalam bidang yang lain dan begitu pula sebaliknya.
Maka dari itu, pada abad 21 ini sebenarnya siapapun bisa menjadi SEO Specialist, asalkan mereka memang mau belajar dan membangun karir mereka sendiri dalam bidang ahli SEO. Serta berani memecahkan masalah pelanggan serta menerima ocehan mereka.
Menurut Glints.com, dalam menekuni karir sebagai SEO Specialist maka pada awalnya anda akan ditempatkan sebagai Junior SEO, kemudian menjadi SEO Executive, bila karir anda bagus, anda bisa melanjutkan menjadi SEO Manager atau Head of Digital.
Jadi ,jenjang karir SEO Specialist secara umum setidaknya sebagai berikut:
- Junior SEO
- Senior SEO
- SEO Executive
- SEO Managaer atau Head of Digital
Adapun menurut Logique.co.id, sebab para SEO Specialist terlibat dalam banyak proyek, mereka juga terkadang beralih peran pada hal yang berbeda, kendati hal itu tidak cenderung ke SEO, seperti:
- Project manager
- Product manager
- E-commerce manager, dan lain-lain
Namun ada juga seorang SEO Specialist yang pada akhirnya membuat tim mereka sendiri untuk membantu website-website yang ada.
Cara Menjadi SEO Specialist
Untuk menjadi seorang SEO Specialist yang baik dan bisa bersaing dengan yang lain, maka tentu ada materi-materi yang perlu anda pahami dengan baik, apalagi hal tersebut berkaitan dengan SEO serta berhubungan dengan pengunjung yang merupakan manusia.
Itulah mengapa terkadang SEO Specialist tidak hanya paham mengenai kode maupun SEO belaka, melainkan paham mengenai marketing, komunikasi, infografik, serta psikologi dan tekhnik menulis yang baik dan benar, terkhusus dalam bidang copywriting dan hypnowriting.
Menurut SEJ, ada delapan hal yang bisa menjadikan seorang SEO Specialist, diantaranya adalah
- Berpikir kritis.
- Kemampuan Berbicara & Menulis.
- Keterampilan Teknis & Pemrograman.
- Keterampilan sosial.
- Keterampilan Analitik.
- Keterampilan Data.
- Drive, Motivasi & Adaptasi.
- Selera humor.
Hal itu bertujuan agar seorang SEO Specialist dapat memenuhi kebutuhan klien mereka, sebab tentu terkadang klien yang sewa mereka ingin mendapatkan keuntungan lebih, apalagi mereka memiliki barang dan jasa untuk ditawarkan kepada orang lain.
Dan dengan memiliki kemampuan pada bidang sejenis seperti copywriting dan hypnowriting, maka secara tidak langsung seorang SEO Specialist lebih mampu menkonversikan pengunjung menjadi pelanggan atau pembeli.
Dengan begitu maka penyewa akan memiliki untung dan reputasi seorang SEO Specialist akan menjadi lebih baik sehingga memiliki kemungkinan lebih besar untuk disewa oleh orang lain.
Maka dari itu, untuk menjadi seorang SEO Specialist yang baik maka mereka harus menyukai passion mereka, mau belajar, berteman dengan para ahli SEO, membaca buku, dan banyak lagi yang lainnya.
Pada abad dimana informasi dan pengalaman dapat ditemukan dimana-mana, maka menjadi SEO Specialist tentu tidak sesulit zaman dahulu. Itulah mengapa terkadang memiliki tekad, keinginan, serta memiliki kemampuan tahan banting tetap diperlukan untuk menjadi apapun dan siapapun.
Gaji SEO Specialist
Gaji seorang SEO Specialist di Indonesia berkisaran Rp. 5.000.000 s/d Rp. 15.000.000 per bulannya. Sementara di Amerika sekita Rp. 41.000.000 s/d Rp. 77.000.000 per bulan.
Menurut MallardGroups, seorang SEO Specialist di Indonesia memiliki gaji jutaan yang diantaranya sebagai berikut:
- Gaji SEO Director di Indonesia berkisaran Rp.15.000.000 s/d Rp. 35.000.000 per bulannya
- Gaji SEO Manager di Indonesia berkisaran Rp. 10.000.000 s/d Rp. 30.000.000 per bulannya
- Gaji SEO Content/Keyword Strategis di Indonesia berkisaran Rp. 7.500.000 s/d Rp. 20.000.000 per bulannya.
- Gaji SEO Analyst/Specialist di Indonesia berkisaran Rp. 5.000.000 s/d Rp. 15.000.000 per bulannya
- Gaji SEO Copywriter di Indonesia berkisaran Rp. 3.000.000 s/d Rp.10.000.000 per bulannya
- Gaji SEO Link Builder di Indonesia berkisaran Rp. 2.500.000 s/d Rp. 7.500.000 perbulannya.
Tidak ada gaji menentu yang saya ketahui mengenai SEO Specialist, sebab biasanya gaji tersebut ditentukan oleh SEO Specialist itu sendiri. Sebab yang menawarkan jasa adalah SEO Specialist tersebut, maka dia jugalah yang berhak menentukan tarifnya.
Akan tetapi sepengalaman saya dan dari apa yang saya baca, gaji SEO specialist paling rendah berkisaran 50 ribu sampai 150 ribu, itupun yang dilakukan hanyalah memberikan saran terhadap pemiliki website saja, dan biasanya tarif tersebut dilakukan oleh SEO Specialist yang belum memiliki nama dan reputasi.
Namun sebenarnya jika SEO Specialist telah dikenal dan memiliki reputasi, gaji tertinggi SEO Specialist mampu puluhan dan ratusan juta rupiah. Namun tentu saja, SEO Specialist ini biasanya disewa oleh website-website kelas atas dan bahkan telah dikenal oleh negara lain.
Kenalan saya juga pernah mengabarkan kepada saya bahwa ia digaji 400 ribu perhari hanya karena kemampuannya mengatur traffic website kampus. Kendati saya tidak menyebutnya SEO Specialist dan dia tidak pernah menyebutnya dirinya demikian, namun keuntungan yang ia miliki sangat fantastis.
Sebab bisa dibayangkan, bila sehari saja ia mendapatkan 400 ribu rupiah karena mampu menaikan traffic website, maka sebulan teman saya itu telah mendapatkan uang sebesar 12 juta rupiah.
![]() |
Gambar dari Mohammed Hassan, Pixabay |
Cara Menyewa SEO Specialist Yang Baik dan Benar
Pada zaman sekarang banyak orang abal-abal mengklaim bahwasanya diri mereka ahli, padahal tidak. Dan maka dari itu guna anda tidak ditipu, perlu mengetahui mana SEO specialist yang baik dan benar.
Dan maka dari itu, jikalau anda ingin menyewa seorang SEO Specialist dalam bidang tersebut, pastikan anda menanyakan sejak kapan ia menjadi seorang SEO specialist dan berapa klien yang telah dibantu olehnya.
Biasanya SEO specialist akan menaruh testimoni pelanggan pada websitenya, apakah pelanggan mereka terbantu dengan kinerja mereka atau tidak? Kendati testimoni bisa dibuat-buat, namun hal itu bisa menjadi faktor yang bisa mempengaruhi kepercayaan anda terhadapnya.
Setidaknya ada beberapa hal yang bisa anda tanyakan pada SEO Specialist guna mengetahui apakah mereka asli atau palsu, yang diantaranya adalah;
- Sejak kapan anda menjadi SEO Specialist?
- Berapa klien yang telah anda tangani?
- Bolehkah saya melihat testimoni pelanggan yang telah anda layani?
- Apa bukti bahwa anda adalah seorang Seo Specialist?
- Apakah anda bekerja pada agensi tertentu?
- Apa jaminan website saya di optimasi?
- Apakah saya memiliki jaminan uang akan kembali jikalau anda gagal mengoptimasi website saya?
Pada Akhirnya
Seo Specialist merupakan sebuah profesi untuk mereka yang ahli dalam bidang SEO, mereka memiliki gaji yang fantastis kalau reputasi mereka telah baik serta telah menangani banyak klien.
Di zaman sekarang ini, untuk menjadi seorang SEO Specialist tidak mesti dari lulusan IT atau coding, selama ada keinginan dan kemauan, siapapun bisa menjadi seorang ahli SEO.
Maka dari itu, sekian artikel ‘Apa Itu SEO Specialist? Mengenal Profesi, Tugas, Gaji, Serta Kualifikasi SEO Specialis Yang Perlu Anda Ketahui’ yang telah anda baca. Semoga artikel ini membantu anda dalam memahami SEO Specialist itu sendiri.
Dan seperti biasa, jika anda ingin berdiskusi atau memiliki pertanyaan, silahkan ajukan dalam kolom komentar yaa!
Posting Komentar untuk "Apa Itu SEO Specialist? Mengenal Profesi, Tugas, Gaji, Serta Kualifikasi SEO Specialist Yang Perlu Anda Ketahui"