Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Mitos SEO Paling Berpengaruh Yang Sering Dianggap Benar Oleh Blogger

Sebagai salah satu ajang untuk membuat artikel maupun blog lebih dikenal secara luas. Optimasi SEO menjadi hal yang sangat penting untuk para blogger. Bahkan beberapa kompetitor dalam dunia blogging sampai membuat desas-desus SEO agar orang menerapkan SEO yang salah.

Dengan kompetitor menerapkan SEO yang salah maka sudah tentu pembohong tersebut akan berada pada halaman satu Google sementara artikel yang anda buat terkena penalti dari Google.

Tapi eits, jangan salah dan putus asa. Sebab setiap ada masalah pasti ada kemudahan. Dan maka dari itu, guna membuat anda tidak dibohongi oleh orang lain yang ingin anda jatuh, berikut kami dari Noobloggers menulis sebuah artikel untuk anda.

Membaca artikel ini tentu akan penting dalam perjalanan sahabat Noobloggers dalam mempelajari SEO. Jadi pastikan dibaca sampai akhir ya!

7 Mitos SEO Paling Berpengaruh Yang Sering Dianggap Benar Oleh Blogger

7 Mitos SEO Yang Sering Dianggap Benar Oleh Blogger
Gambar dari Gerd Altmann, Pixabay. edited by Noobloggers


Mengenai mitos SEO memang ada beberapa mitos yang berpengaruh dalam dunia blogging dan tetap dipercaya dari generasi ke generasi. Beberapa mitos SEO yang paling dipercaya tersebut adalah:

1. Banyak Kata Pada Artikel Menentukan SEO

Mitos SEO yang paling berpengaruh dalam dunia blogging menurut saya adalah word count atau banyak kata yang ada didalam artikel. Padahal itu adalah kesalahan yang teramat fatal untuk mempercayainya karena hanya membuat kita capek menulis artikel.

Bahkan pernahkah anda menulis ‘Baju Lebaran’ di Google? Apa yang muncul? Benar, sekumpulan baju lebaran yang notabene artikelnya bahkan ada yang tidak sampai 150 kata. Namun mengapa ia ada pada halaman satu Google?

Alasannnya sederhana, karena Google sejatinya selalu mencoba memberikan pengalaman yang baik kepada penggunanya dengan menampilkan apa yang pengguna Google tersebut inginkan. 

Ketika anda menulis baju lebaran, blender, atau kompor. Google merasa bahwasanya anda sedang ingin membeli produk tersebut sehingga merekalah yang muncul pada halaman satu Google.

Lalu apakah menulis artikel dengan banyak kata adalah suatu hal yang sia-sia? Tergantung. Jika artikel tersebut memang perlu dijelaskan panjang lebar, maka artikel dengan banyak kata tentu berpengaruh.

Dalam urusan word count atau banyak kata, penentu sebenarnya bukan seberapa banyak kata yang anda tulis dalam artikel anda, melainkan seberapa relevan artikel tersebut kepada pembaca.

Semakin artikel tersebut relevan dan effektif dalam memecahkan masalah pengguna Google, maka semakin cepat pula artikel tersebut naik ke halaman satu Google.

2. Banyaknya Keyword Mempengaruhi SEO

Mitos ini banyak membuat blogger spam keyword pada artikel mereka sehingga membuat artikel mereka menjadi tidak layak baca dan membuat pengunjung tidak menyukainya. 

Hal ini jugalah yang membuat banyak artikel terkena penalty dari Google sehingga bukannya di halaman satu Google, artikel malah ada pada halaman lima Google.

Keyword stuffing atau banyaknya keyword akan membuat anda dan bahkan pembaca anda kebingungan. Misal coba anda baca contoh ini:

Apakah anda ingin membeli buku impor? Kebetulan sekali anda berada pada tempat yang tepat karena kami menjual buku impor! Buku impor yang kami jual berkualitas sehingga buku impor yang kami jual akan bagus untuk anda yang menyukai buku impor! Anda bisa membeli buku impor pada toko buku impor kami.

Apakah anda nyaman membacanya? Apakah tulisan tersebut berkualitas? Tentu tidak. Hal ini malah akan membuat anda ditendang dari halaman satu Google.

3. Optimasi SEO Cukup Sekali

Banyak blogger yang merasa bahwasanya melakukan optimasi pada website maupun artikel cukup sekali seumur hidup. Padahal itu tidaklah benar, mengapa? 

Karena algoritma mesin telusur sejatinya dinamis dan berubah-rubah sehingga faktor penilaian juga bisa berubah sewaktu-waktu.

Perlu memandang artikel sebagai sebuah produk yang anda keluarkan dan website maupun blog yang anda miliki sebagai industri yang memproduksi produk tersebut. 

Mau tidak mau anda harus menyadari bahwa pada suatu masa industri yang anda jalankan akan mulai menghadapi kompetitor baru yang memiliki prospek lebih tinggi dalam produknya.

Hal itu pada akhirnya membuat anda akan memilih apakah membiarkan produk anda tertinggal? Atau melakukan inovasi baru?

Itulah mengapa banyak blogger yang paham akan SEO ketika mereka disaingi oleh kompetitor lain, mereka akan melakukan optimasi SEO kembali terhadap artikel atau website yang mereka miliki.

Bahkan beberapa blogger sampai merubah artikel lama atau membuat ulang artikel dengan isi yang lebih bagus dan relevan untuk pengguna, hal itu semua demi mendapatkan tempat pada halaman 1 Google. 

Myth of Search Engine Optimization
Gambar Dari Pixabay

4. Banyaknya Backlink Mempengaruhi SEO

Adalah hal yang tidak tepat jika mengatakan banyaknya backlink akan mempengaruhi SEO karena hal tersebut adalah hal yang tergantung. 

Kuantitas backlink tidak akan benar-benar mempengaruhi SEO selama ia tidak berkualitas, malah sebaliknya, banyaknya backlink tapi tidak berkualitas bisa menjadi faktor utama Google mendepak anda dari halaman satu Google.

Bahkan Niagahoster dalam buku Membongkar Mitos SEO Yang merugikan Website Anda mengatakan bahwasanya satu dua backlink asalkan berkualitas lebih baik daripada 1000 backlink tapi ecek-ecek dan tidak nyambung.

Bahkan hal ini juga diamini oleh Jhon Mueller yang memang bekerja di Google. 

5. Merubah Tanggal Terbit Artikel Akan Mempengaruhi Rank di Google

Ada beberapa blogger yang memang sengaja merubah tanggal terbit artikel mereka dengan alasan yang sederhana yaitu lebih mudah berada pada page one Google. Padahal hal itu hanya mitos belaka.

Menurut pendapat Jhon Mueller seorang pakar analisis yang telah bekerja di Google sejak Septermber, tahun 2007. Yang saya kutip dari Search Engine Journal Mengatakan bahwasanya hal itu tidaklah benar. 

“I don’t think it would change anything with regards to search, and we definitely wouldn’t rank those pages differently in search just because you’re changing the date and time on a page.”

Yang secara gamblang artinya hal tersebut tidak akan di rank dengan cara berbeda hanya karena tanggal dan waktu publishnya juga berbeda.

Mitos ini beredar karena semakin lama waktu terbit artikel, maka Google akan me-ranknya dengan lebih cepat. Padahal tidak begitu, semua itu ditentukan bagaimana kita menerapkan SEO pada artikel maupun website kita.

6. Google Ads Menaikkan Ranking di Mesin Telusur

Pernahkah anda menggelontorkan dana yang besar untuk SEO melalui Google Ads akan tetapi traffic anda tidak mendapatkan hasil yang memuaskan? Jika anda pernah melakukannya berarti anda telah memakan salah satu mitos SEO.

Banyak blogger yang menganggap bahwasanya dengan menggunakan Google Ads maka kita seolah menyogok Google untuk memberikan artikel atau website yang kita buat berada pada halaman satu Google.

Padahal kalau dipikir secara logika, kalau Google mau disogok oleh uang maka blogger tidak perlu repot-repot berurusan dengan SEO, kemudian situs penyedia hosting, blogger, dan tentunya Google akan mati karena konten yang ditawarkan semakin tidak dinikmati oleh pengunjung.

SEO dan Google Ads memiliki algoritma yang berbeda, jadi perlu memahami secara mendalam mengenai hal ini.

7. Blogspot Tidak Akan Bisa Berada Pada Halaman Satu Google (Domain Menentukan Peringkat)

Ada beberapa pro dan kontra mengenai domain menentukan suatu situs dalam pencaharian Google. Namun padahal semua hal tersebut bukanlah masalah karena domain merupakan salah satu bagian daripada SEO.

Domain tentu bukan penentu utama suatu SEO karena pengunjung datang bukan untuk melihat domain anda, tetapi membaca artikel yang anda tawarkan untuk memecahkan solusi mereka. 

Lagipula tidak relevan menggunakan Domain sebagai penentu peringkat karena mereka memiliki peran masing-masing. Misalkan .com, .Id., my.id, .ac.id. blogspot.com, wordpress.com, wx.com dikelompokan berdasarkan level, itu adalah hal yang tidak adil dan diskriminatif.

Bahkan saya selaku pengguna blogspot kerapkali mendapatkan artikel saya nangkring pada halaman satu Google, jadi domain bukan penentu utama SEO sebuah website. Tapi tentu saja memilih domain yang baik dan dipercaya dapat membuat pengunjung lebih percaya kepada situs anda.

Akhirnya...

Sekian artikel tentang 7 Mitos SEO Berpengaruh Yang Sering Dianggap Benar Oleh Blogger yang telah kami buat. Semoga dengan artikel ini kita bisa sama-sama terhindar dari mitos SEO yang kerap beredar dalam dunia blogging.

Jika sahabat Noobloggers telah termakan oleh mitos ini, itu bukanlah hal yang besar karena setiap kesalahan selalu bisa diperbaiki. Untuk optimasi website anda bisa membuang backlink yang tidak diperlukan dan memilih yang berkualitas.

Mitos dan hoax memang kadang meyakinkan, dan maka dari itu, marilah kita membaca dan terus belajar sembari berharap kedepannya kita bisa menjadi ahli dalam SEO. 

Dan jika ada yang ingin berdiskusi, silahkan tulis di kolom komentar yaa!

Posting Komentar untuk "7 Mitos SEO Paling Berpengaruh Yang Sering Dianggap Benar Oleh Blogger"