Pengertian Microniche Serta Cara Menemukan Topik Blog Minim Persaingan di Google
Aktivitas blogging memang
membutuhkan usaha yang ekstra jika berhadapan dengan para blogger yang lebih
dulu terjun di dunia blogging. Maka dari itu, ada cara cerdik agar kita lebih
cepat sukses dalam dunia blogging, yaitu menggunakan blog dengan niche minim
persaingan.
Pengertian Niche Blog Minim Persaingan
Niche blog minim persaingan
merupakan topik blog khusus yang tidak memerlukan banyak usaha dalam menulis
artikel sebab konten tersebut tidak memiliki kompetitor sehingga mudah berada
pada page one Google.
Umumnya topik blog minim
persaingan terjadi sebab banyak orang tidak menggunakan niche tersebut sebagai
topik blog mereka, entah karena mereka tidak tahu, tidak tertarik, atau mungkin
malas untuk terjun kepada niche tersebut.
Blog dengan kompetitor yang
sedikit akan sangat mudah berada pada halaman pertama Google, adapun sebutan
khusus untuk topik yang terjun dalam hal ini adalah microniche.
Nah, sekarang tahukah sahabat
Noobloggers cara menemukan topik blog yang minim persaingan?
Cara Menemukan Topik Blog Minim Persaingan
Setidaknya ada beberapa cara
untuk menemukan niche blog yang memiliki persaingan yang sedikit di kancah
Google, diantaranya:
- Cara menemukan maupun membuat topik blog yang minim persaingan sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan membuat suatu konten maupun niche blog menjadi lebih spesifik.
- Cara lainnya adalah dengan mengetahui topik-topik yang jarang dibahas oleh kebanyakan blogger. Hal ini bisa dilihat dengan cara googling di internet dan menganalisa blog satu dengan blog yang lainnya.
- Menggunakan tools seperti Ubbersugest, Ahrefs, maupun Google Trends untuk menemukan blog dengan persaingan yang minim.
Diantara hal-hal tersebut,
menurut saya membuat konten maupun niche blog menjadi lebih spesifik merupakan cara
yang paling mudah, sebab ada metodenya.
Langkah-Langkah Membuat Topik Blog Minim Persaingan
1. Tentukan Niche Apa Yang Ingin Anda Pilih
Langkah pertama adalah memilih
niche yang akan anda buat spesifik, misalnya dalam hal ini anda memilih niche
kesehatan atau tekhnologi, atau barangkali anda mau review produk dan travel,
terserah anda.
Setidaknya ada beberapa niche
besar dengan pencarian yang ternyata juga besar, diantaranya adalah kesehatan,
keamanan, informasi, selebriti, tekhnologi, produk, dan travel.
Jika anda masih kebingungan, anda
bisa memilih niche dengan pencarian paling banyak diinternet berikut.
2. Eksplorasi Niche Tersebut
Langkah kedua adalah mulai
mengeksplorasi niche tersebut dan menemukan jangkauan dari niche yang anda pilih.
Misalnya niche kesehatan membahas apa saja? Penyakit apa saja yang dibahas
niche tersebut?
Maka nanti anda akan menemukan
penyakit TBC, jerawat, sampai bisulan.
Dalam niche tekhnologi misalnya,
anggap anda memilih laptop sebagai niche utama, maka tanyakan saja kemudian,
apa hal yang dibahas dalam laptop? Apa komponen-komponen yang ada didalam
laptop?
Maka anda akan mengetahui bahwasanya
dalam laptop ada processor, CPU, Hardisk, Keyboard, layar dll.
3. Tentukan Microniche Yang Anda Inginkan
Setelah itu anda bisa memilih
niche yang anda inginkan, jika niche kesehatan maka anda bisa memilih niche
jerawat sebagai hal yang terus anda bahas, misal mengapa jerawat terjadi? Bagaimana
mengatasi jerawat? Kapan jerawat bisa muncul? Dll.
Jika anda memilih tekhnologi dan
memilih laptop sebagai niche, anda bisa lebih menjelaskan CPU, Hardisk, dan
Keyboard sebagai microniche anda.
Bahkan jika anda memilih
travelling, anda bisa memutuskan untuk membahas wisata lokal untuk anda bahas
dan jelaskan kepada pembaca anda mengenai hal tersebut.
Kelebihan Blog Microniche
Ada beberapa kelebihan utama microniche
yang bisa anda pertimbangkan untuk blog anda. Diantaranya adalah:
1. Minim Kompetitor
Minimnya kompetitor membuat anda
dengan mudah berada pada halaman pertama Google dan tentunya bisa membuat anda
memiliki traffic tersendiri.
Berbeda dengan blog yang
berhadapan dengan para suhu blogging, microniche akan berhadapan dengan
blogger-blogger dunia bawah sehingga mudah untuk ditaklukkan.
2. Memiliki Traffic Khusus
Microniche memiliki traffic
khusus, maksudnya adalah ia memiliki orang-orang khsusus yang mencarinya sehingga
kita dengan mudah memiliki visitor.
Hal ini tentu membuat kita nggak
perlu lagi susah payah mencari pengunjung blog sebab pada intinya kita telah
menemukan pengunjung blog tersebut.
3. Memungkinkan Menjadi Affiliator
Kelebihan microniche adalah bisa
menjadi affiliator berkaitan dengan niche yang diambil, misal blog tekhnologi dengan
microniche processor akan dengan mudah bekerjasama dengan penjual laptop dan
processor.
Blog kesehatan dengan microniche
penyakit tertentu akan dengan mudah bekerja sama dengan penjual obat, serum,
maupun antibiotik dengan hal-hal terkait.
Sehingga nantinya pendapatan
tidak hanya berasal dari Adsense, melainkan affiliasi juga.
Kekurangan Blog Microniche
1. Sulit Mengembangkan Ide
Karena microniche sangat sempit
dalam hal topik maka mengembangkannya juga membutuhkan usaha lebih, memang ada
beberapa cara menemukan judul yang menarik seperti yang kami bahas pada artikel
berikut ini.
Namun tentu saja, kadang lumayan
susah untuk terus konsisten nge-blog dengan niche sesempit itu.
2. Sulit Berkembang Tanpa Disiplinitas dan Konsistensi
Seperti yang saya katakan
sebelumnya, blog ini sangat susah berkembang bila dibina oleh mereka yang
memang tidak menyukai topik blognya.
Maka dari itu, diperlukan
konsistensi serta disiplinitas yang tinggi untuk membuat blog ini menjadi blog
yang bisa terkenal dan berpenghasilan jutaan.
Kesimpulan
Microniche merupakan blog yang
memiliki pencarian minim di Google, akan tetapi memiliki peluang yang besar
untuk bersaing sebab memiliki kompetitor yang sedikit. Ada beberapa cara merubah
niche blog menjadi microblog seperti yang kami bahas diatas.
Sekian artikel Nooblogger
mengenai ‘cara menemukan topik blog minim persaingan’ dan semoga membantu bagi sahabat
Noobloggers.
Sampai jumpa!
Ide blog berasal dari: Quora, Topik Apa Untuk Blog Minim Persaingan
Posting Komentar untuk "Pengertian Microniche Serta Cara Menemukan Topik Blog Minim Persaingan di Google"